24/06/11

Presiden Terbaik di Indonesia Sepanjang Sejarah

Bila Abraham Lincoln adalah presiden terbaik di Amerika siapa presiden terbaik di Indonesia selama ini ? Berbagai pergantian di kepemimpinan bangsa ini mencerminkan berbagai karakter dan kemampuan yang harus diteladani bangsa ini sebagai pelajaran sejarah yang sangat berharga.
Untuk menunjuk siapa presiden Indonesia terbaik di jamannya sangat sulit sekali. Semua presiden RI adalah sosok pilihan rakyat yang berprestasi dan menyumbangkan kontribusi yang sangat besar bagi bangsa ini. Kalaupun akan tersusun urutan siapa presiden terbaik tersebut pasti akan menjadi sumber kontroversi yang sangat besar bagi setiap orang, karena berbagai kelebihan dan kelemahan seorang presiden dan dari sudut mana memandang.
Koran Anak Indonesia mencoba menyusun siapa presiden RI yang terbaik di jamannya demi penghargaan bangsa besar ini terhadap prestasi presidennya Prestasi presiden terbaik disusun berdasarkan perjuangan beratnya berhasil membawa bangsa ini terhindar dari kehancuran dan menjadi bangsa yang bersatu, berdaulat adil dan makmur. Presiden terbaik disusun berdasarkan sosk presiden yang dapat keluar dari berbagai tantangan berat membawa bangsa ini menjadi lebih maju. Presiden terbaik adalah presiden yang diakui oleh bangsa Internasional di dunia dengan prestasi dan peranannya dalam berkontribusi baik regional ataupun internasional. Presiden yang terbaik adalah presiden yang mempunyai konsep pemikiran dan tindakan dalam pembangunan bangsa yang dapat dijadikan acuan dalam pembangunan di masa depan.
Lembaga survei Indo Barometer mengungkapkan Soeharto merupakan Presiden yang paling disukai publik, mengalahkan lima presiden lain termasuk Susilo Bambang Yudhoyono. Kemudian, 40,9 persen dari 1.200 responden juga berpendapat, Orde Baru lebih baik dibanding sejumlah orde lain termasuk Orde Reformasi ini. Uniknya, Indo Barometer juga menemukan, mayoritas masyarakat perkotaan justru menilai masa Orde Baru lebih baik dibanding masa Reformasi ini. Secara persentase publik perkotaan menyatakan Orde Baru lebih baik, lebih tinggi, yakni 47,7 persen dibandingkan pedesaan yakni 35,7 persen.


Presiden terbaik Indonesia menurut KORAN ANAK INDONESIA
  1. Soeharto
    Soeharto termasuk presiden yang paling lama menjabat dan paling banyak berjasa dalam pembangunan bangsa ini. Prestasi Jenderal Besar dalam membawa bangsa ini dalam kedaan bersatu, aman dan berdaulat telah dilakukan dengan sangat baik. Tuduhan Korupsi Kolusi dan Nepotisme yang sangat besar dalam pemerintahannya selama ini adalah kelemahannya yang membuat Soeharto tidak bisa berada pada puncak presiden terbaik di Indonesia. Keamanan dan persatuan NKRI sangat dijaga teguh di jamannya meski harus mengorbankan demokrasi dan HAM. Tetapi saat jamannya kondisi itu masih bisa dimaklumi karena latar beakang bangsa ini yang demikian rumit yang kadang memerlukan tangan besi atau kediktatoran.Soeharto lahir di Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Bantul, Yogyakarta, 8 Juni 1921 dan meninggal di Jakarta, 27 Januari 2008 pada umur 86 tahun, Dia adalah  Presiden Indonesia yang kedua (1967-1998), menggantikan Soekarno. Di dunia internasional, terutama di Dunia Barat, Soeharto sering dirujuk dengan sebutan populer “The Smiling General“  karena raut mukanya yang selalu tersenyum di muka persdalam setiap acara resmi kenegaraan.Sebelum menjadi presiden, Soeharto adalah pemimpin militer pada masa pendudukan Jepang dan Belanda, dengan pangkat terakhir Mayor Jenderal. Setelah Gerakan 30 September, Soeharto menyatakan bahwa PKI adalah pihak yang bertanggung jawab dan memimpin operasi untuk menumpasnya. Operasi ini menewaskan lebih dari 500.000 jiwa. Soeharto kemudian mengambil alih kekuasaan dari Soekarno, dan resmi menjadi presiden pada tahun 1968. Ia dipilih kembali oleh MPR pada tahun 1973, 1978, 1983, 1988, 1993, dan 1998. Pada tahun 1998, masa jabatannya berakhir setelah mengundurkan diri pada tanggal 21 Mei tahun tersebut, menyusul terjadinya Kerusuhan Mei 1998 dan pendudukan gedung DPR/MPR oleh ribuan mahasiswa. Ia merupakan orang Indonesia terlama dalam jabatannya sebagai presiden. Soeharto digantikan oleh B.J. Habibie.
    Peninggalan Soeharto masih diperdebatkan sampai saat ini. Dalam masa kekuasaannya, yang disebut Orde Baru, Soeharto membangun negara yang stabil dan mencapai kemajuan ekonomi dan infrastruktur. Suharto juga membatasi kebebasan warganegara Indonesia keturunan Tionghoa, menduduki Timor Timur, dan dianggap sebagai rezim paling korupsi sepanjang masa dengan jumlah $AS 15 miliar sampai $AS 35 miliar. Usaha untuk mengadili Soeharto gagal karena kesehatannya yang memburuk. Setelah menderita sakit berkepanjangan, ia meninggal karena kegagalan organ multifungsi di Jakarta pada tanggal 27 Januari 2008.
  2. Susilo Bambang Yudhoyono
    Sosok cerdas, cermat dan konsisten adalah kelebihan SBY dalam membangun bangsa besar ini. Dalam meneruskan reformasi SBY telah menoreh prestasi yang diakui dunia dalam bidang demokrasi, penegakan HAM, korupsi dan pembangunan ekonomi. Bahkan SBY dianggap tokoh yang berpengaruh di dunia oleh majalah Times. Dijamannyalah penegakan korupsi temasuk yang paling besar dilakukan. Meski tingkat korupsi masih besar tetapi dengan sistem hukum dan kondisi penegakan hukum yang belum sempurna itu telah dapat memenjarakan banyak pejabat termasuk pejabat tinggi yang ada. Hal ini tidak pernah terjadi dalam pemerintahan presiden sebelumnya. Kehidupan penegakan HAM , demokrasi dan keamananpun sangat stabil dan terkendali di jamannya, Ancaman kesatuan NKRI dan perpecahan antar suku seperti konflik Aceh, Maluku dan Irian diselesaikan dengan baik sesuai aturan hukum dan demokrasi. Pembangunan ekonomipun berjalan dengan pasti sehingga saat terjadi resesi ekonomi Indonesia masih dianggap negara yang paling kuat ekonominya setelah Cina dan India. Kelebihan SBY dalam membuat kebijaksanaan yang sangat cermat dan sangat matang perhitungannya ternyata juga salah satu kelemahannya yang sering dikritik para penentangnya. Perilaku tersebut dianggap bahwa SBY tidak bisa cepat dan sangat lambat dalam menentukan keputusan.SBY lahir di Tremas, Arjosari, Pacitan, Jawa Timur, Indonesia, 9 September 1949; umur 61 tahun. Dia adalah Presiden Indonesia ke-6 yang menjabat sejak 20 Oktober 2004. Ia, bersama Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla, terpilih dalam Pemilu Presiden 2004. SBY berhasil melanjutkan pemerintahannya untuk periode kedua dengan kembali memenangkan Pemilu Presiden 2009, kali ini bersama Wakil Presiden Boediono. Sehingga, sejak era reformasi dimulai, Susilo Bambang Yudhoyono merupakan Presiden Indonesia pertama yang menyelesaikan masa kepresidenan selama 5 tahun dan berhasil terpilih kembali untuk periode kedua. Yudhoyono yang dipanggil “Sus” oleh orang tuanya dan populer dengan panggilan “SBY”[3], melewatkan sebagian masa kecil dan remajanya di Pacitan. Ia merupakan seorang pensiunan militer. Selama di militer ia lebih dikenal sebagai Bambang Yudhoyono. Karier militernya terhenti ketika ia diangkat Presiden Abdurrahman Wahid sebagai Menteri Pertambangan dan Energi pada tahun 1999 dan tampil sebagai salah seorang pendiri Partai Demokrat. Pangkat terakhir Susilo Bambang Yudhoyono adalah Jenderal TNI sebelum pensiun pada 25 September 2000. Pada Pemilu Presiden 2004, keunggulan suaranya dari Presiden Megawati Soekarnoputri membuatnya menjadi presiden pertama yang terpilih melalui pemilihan langsung oleh rakyat Indonesia. Hal ini dimungkinkan setelah melalui amandemen UUD 1945.
    Dalam kehidupan pribadinya, Ia menikah dengan Kristiani Herrawati yang merupakan anak perempuan ketiga Jenderal (Purn) Sarwo Edhi Wibowo (alm), komandan RPKAD (kini Kopassus) yang turut membantu menumpas Partai Komunis Indonesia (PKI) pada tahun 1965
  3. Soekarno
    Soekarno mungkin dianggap sebagai presiden terbaik karena sosok fenomenalnya dalam membawa bangsa ini melangkah mulai dari awal kemerdekaan. Dengan berbekal keterpurukan dalam penjajahan dan keberagaman aliran Soekarno berhasil membawa bangsa ini keluar dari berbagai tantangan yang ada. Dengan keberanian dan pesonanya Soekarno menjadi presiden yang sangat diperhitungkan di dunia Internasional. Kelemahan bung Karno saat itu yang membuatnya jatuh adalah konsep NASAKOM yang cenderung membela pihak komunis yang justru membuat perpecahan besar bangsa ini.Sukarno lahir di Surabaya, Jawa Timur, 6 Juni 1901 dan meninggal di Jakarta, 21 Juni 1970 pada umur 69 tahun. Dia adalah Presiden Indonesia pertama yang menjabat pada periode 1945–1966. Ia memainkan peranan penting untuk memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda. Soekarno adalah penggali Pancasila karena ia yang pertama kali mencetuskan konsep mengenai dasar negara Indonesia itu dan ia sendiri yang menamainya Pancasila. Ia adalah Proklamator Kemerdekaan Indonesia (bersama dengan Mohammad Hatta) yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945. Soekarno menandatangani Surat Perintah 11 Maret 1966 Supersemar yang kontroversial, yang isinya – berdasarkan versi yang dikeluarkan Markas Besar Angkatan darat – menugaskan Letnan Jenderal Soeharto untuk mengamankan dan menjaga keamanan negara dan institusi kepresidenan. Supersemar menjadi dasar Letnan Jenderal Soeharto untuk membubarkan Partai Komunis Indonesia (PKI) dan mengganti anggota-anggotanya yang duduk di parlemen. Setelah pertanggung jawabannya ditolak Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara (MPRS) pada sidang umum ke empat tahun 1967, Presiden Soekarno diberhentikan dari jabatannya sebagai presiden pada Sidang Istimewa MPRS di tahun yang sama dan mengangkat Soeharto sebagai pejabat Presiden Republik Indonesia
  4. BJ Habibie
    Sosok BJ Habibie adalah presiden jenius yang datang dalam waktu yang sangat sulit. Dengan bayang-bayang sosok Soeharto, Habibie dicurigai sebagai boneka Soeharto. Ternyata Habibie membuktikan ha lain. Dengan kejenisuannya saat itu membawa bangsa ini keluar dari pertupahan darah yang lebih besar. Pada saatnyalah reformasi bergulir sangat cepat baik berupa kebebsan persd, demokrasi dan kemajuan ekonomi. Dalam waktu singkat dia membawa perekonomian Indonesia selamat dari kehancuran. Saat nilai rupiah terhadap dolar Amerika terpuruk pada angka paling rendah. Dengan cepat mengangkat menjadi baik. Kebijaksanaan melepas Timor Timur dari Indonesia, di satu sisi dianggap kelemahannya ternyata merupakan kekuatannya dalam mengeluarkan beban Indonesia dari terhindar tekanan untuk menjadi pelanggar HAM terbesar di dunia.
  5. Abdurrahman Wahid
    Presiden yang pluralis, demokratis dan humanis ini membawa warna pemerintahan Gus Dur menjadi kelebihannya. Kelebihan lain adalah gus Dur membawa bangsa ini menjadi bangsa yang belajar untuk menjadi sosok yang mengedepankan pluralisme. Justru berbagai karakteristik semua itulah adalah konsep bangsa modern di masa depan. Kelemahan Gus Dur adalah ketidakkonsistensinya dan perilaku dalam memelihara berbagai konflik menjadi berkepanjangan.  Beberapa langkah kontroversialnnya juga menyulut ketidakstabilan keamanan yang mengancam NKRI seperti pernyataannya memilehkan mengibarkan bendera kejora di samping merah putih. Sehingga saat itu suasana politik sangat buruk dan mengganggu pembangunan bangsa. Situasi sangat buruk tersebut adalah upaya Gus Dur mengggantikan hampir sebagian besar menterinya, membubarlan DPR, membuata suasana darurat dan membekukan Golkar yang mencoba menentangnya.
  6. Megawati
    Megawati adalah sosok pendobrak saat terjadi reformasi di negeri ini. Karisma sebagai penerus Soekarno itulah yang menjadi alat atau modal bangsa ini untuk menuju reformasi atau perlawanan terhadap kediktatoran pemerintah saat itu. Dibalik sosok wanita yang kalem dan pendiam itulah kadang menjadi kelemahannya. Diamnya Megawati dalam berbagai persoalan bangsa dianggap sebagai ketidak mampuan dalam menyelesaikan persoalan bangsa. 
Penyusunan daftar presiden terbaik di Indonesia yang paling penting bukan pada urutan posisinya. Paling penting adalah memahami substansi keberhasilan dan keteladanan para pemimpin negeri ini. Penghormatan dan penghargaan rakyat terhadap para pemimpinnya adalah tujuan utama dalam penyusunan tersebut. Sedangkan kelemahan para pemimpin bukan untuk dijadikan upaya penghukuman tetapi sebagai sarana untuk contoh dan pengalaman sejarah untuk tidak terulang lagi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar